4 Tips Jitu Membangun Kepercayaan Customer Online Shop

4 Tips Jitu Membangun Kepercayaan Customer Online Shop

Menjalankan bisnis toko online maupun offline pasti menginginkan penjualan meningkat dan mendapatkan pelanggan setia. Salah satu caranya adalah dengan membangun kepercayaan customer online shop dan reputasi toko yang baik agar konsumen tidak ragu-ragu untuk belanja di toko Anda.

Apabila reputasi dan kredibilitas toko bagus, maka pengunjung tidak akan ragu membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan. Bahkan tidak menutup kemungkinan mereka dengan senang hati merekomendasikan produk kepada saudara, teman, kolega atau mempublikasikannya melalui akun media sosial.

Pertanyaannya, bagaimana cara mendapatkan kepercayaan konsumen? Berikut ini adalah tips mudah dan sederhana yang bisa Anda coba praktikkan agar kepercayaan konsumen tumbuh.

  1. Berikan Respon yang Cepat dan Tepat

Menjalankan bisnis online dituntut untuk aktif dan responsif ketika memberikan pelayanan. Mulai dari memberikan jawaban pertanyaan yang diajukan oleh calon konsumen dengan cepat dan jelas hingga menghadapi komplain dengan tanggapan yang ramah dan sopan.

  1. Memberikan Kemudahan

Konsumen merasa tidak nyaman apabila proses pembelian dan pembayarannya berbelit-belit. Jika demikian, calon konsumen cenderung memilih pindah ke online shop lain. Agar costumer merasa aman dan nyaman bertransaksi gunakanlah cara yang sederhana.

Misalnya dengan menggunakan sistem pembayaran yang familiar di semua kalangan masyarakat, seperti melalui pembayaran Cash on Delivery (COD) atau transfer via bank.

  1. Jaminan Keamanan

Selain kemudahan transaksi, jaminan keamanan menjadi salah satu poin penting dalam membangun kepercayaan. Dengan adanya kasus penipuan penjualan online membuat kepercayaan masyarakat menurun dan menghindari belanja online. Transaksi yang jujur dan sehat akan membuat konsumen merasa aman dan dihargai sehingga berpotensi menjadi pelanggan setia.

  1. Pengiriman Tepat Waktu

Masalah yang kerap dikeluhkan oleh para customer online shop adalah pengiriman barang yang lama. Kondisi ini bisa membuat konsumen kecewa dan enggan belanja di toko Anda lagi. Agar terhindar dari masalah ini, penting memilih jasa ekspedisi pengiriman barang yang profesional dan terpercaya.

  1. Menjaga Kualitas Produk

Pastikan Anda memberikan produk berkualitas dan sesuai dengan pesanan sehingga mereka puas dan tidak kapok untuk memesan produk lagi. Jika kualitas produk dinilai menurun, selesaikan masalah tersebut sesegera mungkin.

Selain 5 jenis pelayanan yang sudah kita bahas di atas, masih banyak bentuk pelayanan lainnya yang dapat meningkatkan kepercayaan konsumen. Pelayanan biasanya lebih mudah jika jumlah pelanggan masih sedikit dan mengalami penurunan ketika sudah bertumbuh pesat.

Oleh sebab itu, mulailah membuat komitmen sejak jumlah customer online shop masih sedikit untuk membangun kepercayaan dan reputasi baik. Karena semakin tinggi kepercayaan maka semakin berpengaruh terhadap penjualan. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *