Kesibukan Customer Service Online Adalah 6 Hal Ini. Apa Saja Ya?

Kesibukan Customer Service Online Adalah 6 Hal Ini. Apa Saja Ya?

Apakah seringkali customer service online tampak seperti pekerjaan sepele? Tunggu dulu, jangan remehkan tugas para CS online yang terkesan sederhana. Perlu kita tahu kegiatan mereka tidak hanya mengecek pesan chat di dalam aplikasi. Namun juga bertanggung jawab untuk semua data pembelian barang.

Pekerjaan customer service online adalah jobdesk yang multitasking. Tidak hanya soal mengurus konten toko online maupun komunikasi pelanggan secara digital. Team CS perusahaan harus memastikan semua pesanan lengkap dan terkonfirmasi. Untuk itu seluruh request beserta semua pertanyaan calon pembeli harus terjawab.

Maka bisa dipastikan tugas customer service online adalah melayani kebutuhan klien dalam bentuk apapun itu. Tujuan penting di baliknya tak lain demi branding produk agar semakin diminati pengunjung toko digital.

Jadi kita bisa melihat betapa kompleks tugas customer service online di garda depan marketing komunikasi perusahaan. Hubungan dengan pihak internal atau divisi lain juga penting untuk eksekusi order klien.

Secara ringkas apa sajakah peranan customer service online untuk membantu konsumen?

  1. Standby dengan Aplikasi Bisnis

Salah satu kewajiban pokok customer service online adalah standby dengan alat komunikasi bisnis. Baik itu ponsel dengan aplikasi WhatsApp ataupun Instagram. Termasuk perangkat laptop untuk membuka halaman toko online. Nah seluruh chat yang diterima harus mendapat balasan secepat mungkin. Jika tidak gesit maka calon pembeli bisa berpaling pada kompetitor.

  1. Sikap informatif yang Bersahabat

Selalu menyapa customer dengan sikap santun dan bersahabat. Menjelaskan informasi yang diperlukan secara lengkap. Terutama jika klien bertanya soal proses order barang maupun transaksinya. Namun penjelasan tersebut secukupnya bersifat ringkas, padat, dan jelas.

  1. Menunjukkan Manfaat Produk

Customer service online adalah seseorang yang dapat meyakinkan calon pembeli, atau malah membuat mereka ragu-ragu. Kuncinya tentu dengan menghubungkan manfaat produk dengan kebutuhan pembeli. Akan tetapi, jangan terlihat berlebihan atau bombastis. Jangan pula memaksakan minat pembeli apalagi yang bersifat menghina.

  1. Memastikan Transaksi Dilakukan

Setelan pembeli melalukan request pesanan CS online akan memastikan sistem pembayaran sudah berjalan. Seperti membuat nota order pesanan, serta mengecek bukti transferan. Kemudian melaporkan buktinya pada divisi marketing atau bagian keuangan.

  1. Menyiapkan Packing

Setiap pesanan barang dipastikan masuk dalam daftar packing yang akan dikirim melalui ekspedisi. Tugas CS juga memastikan data barang sesuai yang dimaksudkan dalam pack pengiriman.

  1. Konfirmasi Pesanan Terkirim

Customer service online adalah petugas yang melakukan konfirmasi melalui email atau pesan WhatsApp jika pesanan sudah terkirim. Selanjutnya pembeli akan berkomunikasi apabila terjadi kesalahan atau keterlambatan. Maka dari itu, CS online harus dapat menangani setiap keluhan yang dikirim lewat pesan chatting, dan mengatasi problem tersebut.

Demikian tadi peran dan tugas customer service online adalah komunikasi, konfirmasi, dan juga checking. Semuanya demi kepuasan pelanggan serta reputasi nama baik perusahaan dalam bisnis online yang dijalankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *