Pentingnya Mempelajari Ilmu Sales Marketing Funnel di Era Digital

Pentingnya Mempelajari Ilmu Sales Marketing Funnel di Era Digital

Sekarang ini hampir semua orang memilki media sosial, seperti Instagram, Facebook, Twitter, Google+, dan lainnya, atau setidaknya pasti memiliki salah satu akun dari media sosial tersebut.

Awalnya media sosial digunakan untuk kegiatan sosial secara online, namun seiring waktu media sosial efektif digunakan sebagai media promosi bisnis. Bahkan lebih dari itu penggunaan media sosial untuk bisnis bisa meningkatkan penjualan. Namun pertanyaannya apakah dan bagaimana customer tertarik atau siap untuk membeli?

Ada banyak tipe customer yang harus dijaga, didukung dan dibantu untuk membuat keputusan membeli. Misalnya, orang yang baru menemukan produk yang Anda jual, tentu mereka tidak akan langsung melakukan transaksi karena belum siap.

Terkait hal tersebut perlu mempelajari dan memahami ilmu sales marketing funnel untuk mengubah pengunjung media sosial atau website menjadi pembeli.

Sales Marketing Funnel

Sales funnel adalah konsep setahap demi tahap untuk memvisualisasikan perjalanan customer melalui proses penjualan.

Proses perjalanan customer hingga akhirnya melakukan pembelian karena menyadari kalau mereka butuh produk Anda. Perjalanan customer bisa berbeda satu dengan yang lainnya.

Sebelum Anda membangun sales funnel penting memiliki visi dalam bisnis, membuat strategi marketing dan menentukan target sasaran. Setelah itu diharapkan bisa menemukan cara tepat untuk mengimplementasikannya ke dalam marketing bisnis.

Tahapan-tahapan Sales Funnel

  1. Awareness

Awareness atau kesadaran merupakan tahapan pertama yaitu calon customer menyadari atau baru mengetahui keberadaan bisnis/produk Anda melalui pemasaran yang Anda lakukan. Mereka menyadari kebutuhan atau masalah mereka dan mengetahui cara mengatasinya.

Tahapan ini adalah dimana calon customer mengunjungi media sosial atau website bisnis Anda. Penting mengetahui apa yang terjadi ketika calon pembeli datang melalui berbagai media yang Anda gunakan.

  1. Interest

Pada tahap kedua calon customer sudah menunjukkan adanya ketertarikan terhadap produk atau jasa Anda, seperti memfollow media sosial atau subscribe email. Nah, ketiak mereka sudah menunjukkan ketertarikan, Anda perlu membuat mereka mengunjungi terus media sosial atau website yang Anda miliki.

  1. Decision

Tahap ketiga sales funnel adalah calon customer membuat keputusan untuk mengambil keuntungan dari solusi yang ditawarkan. Mereka memperhatikan penawaran yang ada, termasuk pilihan atau varian yang tersedia.

Agar calon customer sampai ke tahapan ini tidaklah mudah. Anda harus memiliki testimoni yang banyak dan positif dari customer dan membuat copywriting yang menarik.

  1. Action

Tahapan terakhir sales funnel adalah action, yaitu ketika calon customer melakukan transaksi/pembelian.

Ilmu sales marketing funnel sangat penting untuk dipelajari saat ini dan tahapan-tahapan yang sudah kita bahas di atas bisa Anda praktikkan agar penjualan produk Anda meningkat. Selain itu, kami juga memberikan beberapa tips lainnya terkait sales marketing funnel yang bisa Anda baca di website ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *