Pentingnya Pengetahuan Dasar Ilmu Bisnis Sales untuk Meningkatkan Penjualan

Pentingnya Pengetahuan Dasar Ilmu Bisnis Sales untuk Meningkatkan Penjualan

Menekuni profesi sales tidak hanya membutuhkan keahlian berkomunikasi, namun harus memiliki kemampuan lain. Dalam dunia bisnis maupun perusahaan posisi sales merupakan posisi ujung tombak yang memiliki peran menggerakkan penjualan. Karena tugasnya itulah ilmu bisnis sales sangat penting untuk diketahui dan dipelajari.

Fungsi Sales dalam Dunia Bisnis Atau Perusahaan

Adapun fungsi sales untuk menaikkan penjualan bisnis atau perusahaan adalah sebagai berikut.

  • Menawarkan produk ke calon konsumen agar termotivasi untuk membeli.
  • Meyakinkan calon konsumen yang ragu-ragu mengambil keputusan atau memilih produk yang ditawarkan.
  • Mengarahkan sasaran, kepada siapa produk ditawarkan dan dijual.
  • Memenuhi kebutuhan konsumen dan pelanggan dengan produk yang ditawarkan.

Seorang salesman harus dapat membangun dasar kepercayaan dengan konsumen. Artinya, penjualan di masa yang akan datang didasarkan atas kepercayaan tersebut. Walaupun selepas transaksi sales tidak berurusan lagi dengan konsumen.

Agar penjualan berhasil maka diperlukan tim sales yang memiliki kompeten untuk memasarkan produk. Penjualan merupakan seni dan memiliki beberapa aspek ilmiah. Sebagai seni, penjualan membutuhkan latihan, metode dan strategi yang tepat.

Sales harus memiliki skill, seperti rasa percaya diri, menguasai keahlian berbicara di depan umum (public speaking), kemampuan berkomunikasi, daya kreativitas yang tinggi, keahlian bernegosiasi, menguasai teknologi dan skill lainya.

Sedangkan sebagai ilmu, penjualan membutuhkan ilmu dasar sales yang menjadi dasar agar penjualan berhasil. Ilmu tersebut dapat digunakan di segala situasi penjualan dan bisa dijadikan bahan pertimbangan, salah satunya adalah memahami konsumen.

Dasar-dasar Memahami Konsumen

Dalam dunia bisnis memahami bagaimana perilaku konsumen sangat penting karena dapat membantu keberhasilan mencapai target penjualan. Secara sederhana perilaku konsumen adalah segala macam hal yang menjadi dasar konsumen membuat keputusan apakah membeli produk atau tidak.

Berikut ini dasar-dasar yang dapat membantu Anda memahami konsumen.

  1. Sales harus mengerti kebutuhan apa yang dipenuhi oleh produk yang ditawarkan.
  2. sales harus mengenal calon konsumen yang memiliki kebutuhan akan produk tersebut.
  3. Memberikan kesadaran kepada calon konsumen akan kebutuhan tersebut.
  4. Meyakinkan calon konsumen bahwa produk yang ditawarkan dapat memberikan kepuasan sebagian ataupun sepenuhnya atas kebutuhan mereka.
  5. Memberikan kesempatan kepada calon konsumen untuk menerima produk.

Untuk lebih mengetahui dan memahami perilaku konsumen, tidak ada salahnya menempatkan diri Anda sebagai konsumen dari produk yang Anda tawarkan. Dengan demikian diharapkan Anda dapat merasakan sendiri apakah layanan diterima sudah tepat, bagus atau belum.

Demikian pembahasan mengenai ilmu bisnis sales, semoga artikel ini bermanfaat! Untuk informasi lainnya seputar ilmu bisnis sales dan marketing bisa membacanya di website ini. Jangan lupa share agar kawan-kawan Anda mendapatkan juga manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *